Burger Pecel menjadi makanan sehat dan dikemas secara modern sehingga mampu diterima pangsa pasar yang sangat luas, mulai dari penikmat pecel tradisional, pecinta burger modern dan vegetarian, karena burger pecel tersaji dalam sayuran segar dan tanpa daging namun memiliki gizi yang sangat lengkap. Segala keunggulan Burger Pecel mampu tersaji dengan sempurna melalui pemilihan tempat usaha yang baik secara kualitas kebersihan, kenyamanan dan lokasi mudah dijangkau.
Pecel merupakan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Jawa. Makanan yang berisi sejumlah sayuran tertentu yang hanya direbus sangatlah nikmat dipadukan dengan bumbu kacang yang begitu enak. Kadang sayuran tersebut hanya dikukus. Pecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel mirip dengan hidangan salad dari Eropa. Keduanya sama-sama menggunakan sayuran segar sebagai bahan utama dan menggunakan topping. Perbedaanya adalah, jika salad menggunakan mayonaise sebagai topping, maka pecel menggunakan sambel pecel. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, gula merah dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengantempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai, atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jerohan. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.Cita rasa dari pecel ini sebenarnya terletak pada bumbunya. Bumbu pecel cukup banyak dijual di berbagai tempat baik pasar tradisional maupun supermarket - supermarket.
Latar Belakang
Mahasiwa sebagai penerus bangsa harus berani menciptakan suatu inovasi baru dalam upaya menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat. Selain itu, setelah menyelesaikan pendidikannya, dharapkan mahasiswa mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak budaya kuliner yang khas salah satunya adalah pecel. Hampir semua orang Indonesia mengenal pecel yang adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur, terbuat dari rebusan sayuran yang dihidangkan dengan sambal pecel. Konsep hidangan pecel sayuran mirip dengan hidangan salad dari Eropa. Perbedaannya yaitu salad menggunakan topping mayonnaise sedangkan pecel menggunakan sambal pecel. Sambal pecel terbuat dari campuran kacang tanah, cabe rawit, jerut purut, bawang, asam jawa, lada dan garam. Perbedaan rasa dari berbagai jenis sambal pecel disebabkan karena perbedaan komposisi kandungan bahan-bahan campurannya.
Begitu khasnya pecel, namun,jika kita melihat ke kalangan papan atas, pecel bukanlah makanan yang favorit. Mereka cenderung melihat pecel sebagai makanan kelas menengah ke bawah. Padahal pecel yang selalu disajikan bersama sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan merupakan olahan khas kuliner Indonesia. Sehingga, dibutuhkan inovasi terhadap kuliner khas merakyat ini, sehingga semua orang baik dikalangan atas maupun bawah bangga terhadap pecel. Oleh karena itu, diciptakanlah Burger Pecel (Burcel) yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dan prestigious pecel. Karena burger adalah makanan yang ‘berkelas’ dan universal di Indonesia.
Tujuan
1. Memperkenalkan budaya khas kuliner Indonesia kepada masyarakat kalangan atas.
2. Memberikan inovasi dan added value terhadap pecel agar dapat diterima semua kalangan
3. Membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat, enak dan bergizi.
Manfaat
Bagi Pelaku Usaha
1. Memberikan banyak pengalaman dalam hal memproduksi, mengorganisir dan memasarkan kuliner
2. Memberikan pemasukan rutin, karena burger pecel akan diproduksi dan dipasarkan tiap hari.
3. Memberikan tempat untuk berkreasi dalam menciptakan inovasi kuliner.
Bagi kalangan investor dan masyarakat :
1. Memberikan pilihan baru masyarakat dalam menikmati menu pecel
2. Memberikan added value terhadap pecel, sehingga mengkonsumsi pecel kini bukanlah makanan kelas bawah Memberikan tantangan kepada masyarakat untuk mengolah masakan khas dengan gaya baru.
Kegunaan
Untuk makanan yang mempunyai banyak zat yang diperlukan oleh tubuh manusia agar kestabilitas daya tahan tubuh tidak mudah terserang penyakit dan orang – orang bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-harinya. Penulis memaparkan sebuah analisa dari produk yang di buatkan.
Analisa SWOT
o Kekuatan (Strength)
a) Produk dalam bisnis ini merupakan produk dengan inovasi baru yang belum ada sebelumnya
b) Menu yang ditawarkan sangat khas Indonesia.
c) Modal yang kecil sehingga dapat direalisasikan bagi mahasiswa.
d) Memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam pengembangan produk kedepan.
o Kelemahan (Weakness)
a) Pengelola perusahaan masih memiliki tanggung jawab untuk belajar karena masih duduk dibangku Universitas.
b) Masih minimnya pengalaman untuk berbisnis.
c) Belum didapatkannya kepercayaan pada masyarakat, masih harus berproses dalam branded.
o Peluang (opportunity)
a) Belum adanya pesaing lain yang memiliki inovasi sekreatif kami.
b) Banyaknya pecinta makanan pecel.
c) Banyaknya pasar yang belum tersentuh
o Tantangan (Threat)
a) Akan adanya pesaing yang muncul setelah dibukanya “Burcel”.
b) Adanya pemain besar untuk bisnis makanan yang mengolah burger
Tidak ada komentar:
Posting Komentar